Analisis Data Eksploratif : Analisis Tabel Parsial dan Conditional Association

Tabel parsial merupakan partisi tabel kontingensi tiga arah yang menggambarkan hubungan antar dua variabel dengan variabel kontrol bernilai tertentu, sehingga tabel parsial akan berupa tabel kontingensi dua arah.

Pada artikel kali ini kita akan menggunakan dadta yang sama seperti pada artikel sebelumnya yaitu data 100 pasien Covid19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit B berdasarkan kadar gula dalam darah, hipertensi dan kesembuhannya.

Tabel parsial untuk tabel kontingensi hubungan antara ada tidaknya hipertensi pada pasien dengan kesembuhannya, dengan variabel kontrol kadar gula darah sebagaimana poin 1 pada Kegiatan B terdiri dari 3 bagian karena variabel kontrol kadar gula darah mempunyai tiga kategori.

Hubungan asosiasi pada tabel parsial disebut conditional association karena merefleksikan hubungan antara dua variabel pada suatu kategori tertentu dari variabel kontrol. Nilai asosiasinya disajikan dalam conditional odds ratio (COR). Sebagaimana pada MOR, nilai COR = 1 menunjukkan tidak ada asosiasi antar variabel pada tabel parsial, atau kedua variabel saling bebas. Sebaliknya, nilai COR โ‰  1 menunjukkan ada asosiasi antar variabel pada tabel parsial. Nilai COR dihitung dengan rumus yang sama dengan MOR.

Hasil nilai CORkadar gula normal = 21,5; CORkadar gula tinggi = 116; CORkadar gula sangat tinggi = 7. Ketiga nilai COR tidak sama dengan 1, artinya ada asosiasi antara riwayat hipertensi dengan kecenderungan untuk meninggal pasien covid-19. Nilai CORkadar gula normal = 21,5, berarti pasien dengan kadar gula normal yang memiliki riwayat hipertensi punya kecenderungan untuk meninggal 21,5 kali dibandingkan pasien yang tidak memiliki riwayat hipertensi. Sementara itu, untuk pasien dengan kadar gula tinggi yang memiliki riwayat hipertensi punya kecenderungan untuk meninggal 116 kali dibandingkan pasien yang tidak memiliki riwayat hipertensi. Dan untuk pasien dengan kadar gula sangat tinggi, kecenderungan pasien yang memiliki riwayat hipertensi untuk meninggal 7 kali pasien yang tidak memiliki riwayat hipertensi. Ketiga hal ini menunjukkan bahwa bagaimanapun kondisi kadar gula pasien, jika memiliki riwayat hipertensi maka punya kecenderungan lebih besar untuk meninggal dibandingkan yang tidak memiliki riwayat hipertensi.

Hasil dari COR dan MOR dari tabel parsial dan tabel marginal menunjukkan kesimpulan yang sejalan.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Analisis Tabel Kontingensi Tiga Arah, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up