Analisis Data Eksploratif : Pembuatan Tabel Kontingensi Tiga Arah

Berikut ini tahapan membuat tabel kontingensi tiga arah secara umum dengan menggunakan fungsi pivot table pada Ms. Excel

1. Data yang akan digunakan adalah data 100 pasien Covid19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit B berdasarkan kadar gula dalam darah, hipertensi dan kesembuhannya.

2. Pilih dan blok semua data termasuk nama variabelnya, dengan menempatkan krusor pada salah satu cell kemudian tekan Ctrl + A. Kemudian pilih fungsi Pivot Table pada menu Insert.

3. Setelah mengklik menu pivot table, akan akan mucul kotak dialog Create Pivot Table yang secara otomatis menseleksi tabel data kita, kita bisa sesuaikan isiannya jika range atau tabel belum sesuai dengan yang dimaksud. Hasil Pivot Table bisa ditempatkan pada worksheet baru atau worksheet dimana tabel data berada dengan memilih lokasi cellnya. Pilih New Worksheet dan tekan tombol OK.

4. Variabel kadar gula darah dan hipertensi sama-sama mempengaruhi kesembuhan pasien (sembuh atau meninggal). Karena itu keduanya dapat menjadi variabel kontrol, bergantung pada tujuan penelitian. Jika kita ingin membuat tabel kontingensi yang menjelaskan hubungan antara ada tidaknya hipertensi pada pasien dengan kesembuhannya, yang dikontrol dengan kadar gula darah, maka pada Pivot Table Fields, letakkan variabel Kesembuhan pada bagian Columns dan variabel Kadar Gula dan Hipertensi pada bagian Rows (perhatikan urutannya) sehingga tabel kosong terbentuk sebagaimana di area cells.

5. Untuk mengisi frekuensi bersama dari pengamatan sesuai dengan kategori Kadar Gula, Hipertensi, dan Kesembuhan kita dapat tempatkan salah satu fields (bisa No, Kadar Gula, Hipertensi, atau Kesembuhan) ke bagian Values. Yang perlu diperhatikan adalah tipe kalkulasinya adalah Count of, kemudian lakukan pengurutan untuk variabel Kadar Gula (Sangat Tinggi diposisikan di bawah), sehingga terbentuk tabel

6. Sementara jika ingin mengetahui apakah ada perbedaan antara pengaruh kadar gula darah terhadap kesembuhan pasien jika dikontrol oleh ada tidaknya hipertensi pada pasien, maka ubah urutan variabel Kadar Gula dan Hipertensi pada bagian Rows dengan cara drag dan geser posisi urutannya sebagai berikut.

7. Tabel hasil Pivot Table dapat disesuaikan tampilannya sesuai keinginan, misalnya mengubah urutan kategori, mengubah format tabel, atau menambahkan total pada variabel berpengaruh. Untuk mengubah format tabel klik kanan pada tabel pivot kemudian pilih PivotTable Options. Pada window PivotTable Options terdapat banyak pengaturan yang dapat kita setting, misalnya jika kita ingin menampilkan model tabel pivot klasik, maka pilih tab Display kemudian berikan cek pada Classic PivotTable layout. Hasilnya, nilai total dari setiap variabel pada baris akan ditampilkan di bagian bawah.

8. Selanjutnya hasil Pivot Table dapat dipindahkan dan disesuaikan dengan cara copy tabel tersebut dan paste pada lokasi yang kita inginkan, kemudian diatur tampilannya seperti berikut ini.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Analisis Tabel Kontingensi Tiga Arah, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up