Analisis Data Eksploratif : Pengertian Tabel Kontingensi Tiga Arah

Dalam analisis statistik tidak hanya dapat menentukan hubungan (asosiasi) antar dua variabel saja, tetapi dapat juga menentukan hubungan (asosiasi) antar tiga variabel. Tabel kontingensi dua arah digunakan bila masalah yang ingin dianalisis hanya berkaitan dengan dua variabel saja. Jika penelitian melibatkan tiga variabel kualitatif maka dapat dianalisis mellaui tabel kontingensi tiga arah. Misalnya ingin dipelajari pengaruh tingkat pendidikan kepala rumah tangga terhadap tingkat kesejahteraan rumah tangga. Ada kalanya perlu diperhatikan variabel lain, misal daerah tempat tinggal (perkotaan atau perdesaan) karena variabel ini dapat berhubungan dengan tingkat kesejahteraan masyarakat maupun tingkat pendidikan masyarakat. Kita ingin melihat apakah ada perbedaan pengaruh tingkat pendidikan terhadap tingkat kesejahteraan rumah tangga jika kita memperhatikan atau tidak memperhatikan daerah tempat tinggal. Dalam hal ini, daerah tempat tinggal disebut variabel kontrol. Analisis terhadap permasalahan tersebut dapat dilakukan melalui tabel kontingensi tiga arah.

Pengertian

Tabel kontingensi tiga arah adalah tabel yang memuat karakteristik dari tiga variabel kategorik. Setiap variabel dapat terdiri dari dua atau lebih kategori. Isian sel fijk pada tabel kontingensi tiga arah adalah frekuensi bersama dari kategori i variabel X, kategori j variabel Y, dan kategori k variabel Z. Oleh karena itu, banyak kategori dari variabel X adalah I, banyak kategori dari variabel Y adalah J, dan banyak kategori dari variabel Z adalah K. Bentuk sederhana dari tabel kontingensi tiga arah adalah tabel kontingesi 2 x 2 x 2, dimana setiap variabel X, Y, dan Z mempunyai dua kategori.

Contoh Tabel Kontingensi Tiga Arah

Z X Y Jumlah
k=1 k=2
i=1 j=1 f111 f112 n11
j=2 f121 f122 n12
i=2 j=1 f211 f212 n21
j=2 f221 f222 n22
Jumlah n..1 n..2 n..

Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Analisis Tabel Kontingensi Tiga Arah, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up