Analisis Data Eksploratif : Ukuran Proporsi Terhadap Total Kolom

Artikel kali ini masih berkaitan dengan artikel sebelumnya, yaitu menghitung asosiasi untuk koefisien kontingensi dua variabel kualitiatif. Pada artikel ini akan dilanjutkan dengan pembahasan ukuran asosiasi lainnya yaitu perhitungan proporsi dan ukuran kecenderungan. Ukuran proporsi merupakan ukuran asosiasi untuk data kualitatif yang menggambarkan kondisi antar kategori dalam variabel baris atau dalam variabel kolom.


Pengertian Ukuran Proporsi Terhadap Total Kolom

Proporsi terhadap total kolom kita hitung jika ingin mendeskripsikan kondisi setiap kategori dalam variabel baris. Proses penghitungannya sangat mudah yaitu dengan melakukan operasi pembagian untuk setiap sel pasangan kategori terhadap total kolom.

Kita akan menggunakan tabel kontingensi yang sama seperti pada artikel sebelumnya, yaitu Tabel Kontingensi Kadar Gula Darah dan Kesembuhan Pasien Covid19 di Rumah Sakit A.

Buat tabel untuk menghitung proporsi terhadap total kolom (lakukan copy-paste). Hitung proporsi setiap cell pasangan kategori, untuk cell Normal-Sembuh hitung
dengan rumus =B14/B$17*100

Diperoleh hasil sebagai berikut


Interpretasi

Dapat diketahui status kesembuhan untuk setiap tingkatan kadar gula darah pasien. Terlihat bahwa, pasien dengan tingkat kadar gula normal proporsinya lebih tinggi untuk sembuh, karena proporsi sembuhnya lebih besar daripada proporsinya meninggal (55,17 banding 15,38). Pasien dengan kadar gula tinggi juga demikian walau perbedaan proporsinya tidak terlalu besar. Sedangkan, pasien dengan kadar gula sangat tinggi mempunyai proporsi meninggal yang lebih besar. Jadi, ada keterkaitan antara tingkat kadar gula darah dengan status kesembuhan pasien. Karena tingkat kadar gula darah merupakan data ordinal, maka dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kadar gula darah maka semakin tinggi resiko untuk meninggal.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Perbandingan Proporsi dan Ukuran Kecenderungan, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up