Analisis Data Eksploratif : Pembuatan Tabel Kontingensi Dua Arah

Pada artikel kali ini, kita akan membuat tabel kontingensi dari data pengamatan 100 pasien Covid-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit A berdasarkan kadar gula dalam darah dan kesembuhannya. Berikut ini tahapannya.


Menyiapkan Data

Pada tahap ini pastikan data yang digunakan telah siap. Siap dalam arti, penggolongan kriteria antara kadar gula dan kesembuhan telah sama. Misalnya kadar gula memiliki kriteria normal, tinggi dan sangat tinggi sedangkan kesembuhan memiliki kriteria sembuh dan meninggal. Setelah semua siap, kita lanjut ke tahap pembuatan tabel kontingensi dengan bantuan fungsi Pivot Table pada excel.


Membuat Pivot Table

Pilih dan blok semua data termasuk nama variabelnya, dengan menempatkan kursor pada salah satu cell kemudian tekan Ctrl + A. Kemudian pilih fungsi Pivot Table pada menu insert.

Setelah mengklik pivot table, akan akan mucul kotak dialog Create Pivot Table yang secara otomatis menseleksi tabel data kita, kita bisa sesuaikan isiannya jika range atau tabel belum sesuai dengan yang dimaksud. Hasil Pivot Table bisa ditempatkan pada worksheet baru atau worksheet dimana tabel data berada dengan memilih lokasi cellnya. Pilih New Worksheet dan tekan tombol OK

Pada Pivot Table Fields, letakkan variabel Kesembuhan pada bagian Rows dan variabel Kadar Gula pada bagian Columns dengan cara klik dan drag pada bagian yang dimaksud sehingga tabel kosong terbentuk sebagaimana di area cells.

Untuk mengisi frekuensi bersama dari pengamatan sesuai dengan kategori Kesembuhan dan Kadar Gula kita dapat tempatkan salah satu fields (bisa No, Kadar Gula, atau Kesembuhan) ke bagian Values. Yang perlu diperhatikan adalah tipe kalkulasinya adalah Count of, sehingga terbentuk tabel di samping.

Jika tipe kalkulasinya bukan Count of, maka kita dapat menyesuaikannya melalui klik pada segitiga terbalik disebelah kanan field pada bagian Values kemudian pilih Value Field Settings.

Selanjutnya hasil Pivot Table dapat dipindahkan dan disesuaikan dengan cara copy tabel tersebut dan paste pada lokasi yang kita inginkan, kemudian diatur tampilannya seperti berikut ini


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Koefisien Kontingensi Dua Arah, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up