Analisis Data Eksploratif : Pengertian Koefisien Kontingensi Dua Arah

Pengertian

Seperti yang kita ketahui, pemeriksaan hubungan antar dua variabel kuantitatif dapat dilihat melalui perhitungan korelasi. Lantas bagaimana ketika data yang dimiliki adalah data kualitatif? Apakah dapat dicari hubungannya? Jawabannya adalah dapat. Pemeriksaan hubungan antar dua variabel kualitatif dapat ditunjukkan berdasarkan asosiasi. Asosiasi dapat dilihat melalui tabel kontingensi dan keeratan hubungannya diukur melalui ukuran statistik berupa koefisien kontingensi, proporsi, dan ukuran kecenderungan.

Tabel koefisien kontingensi merupakan tabel yang merangkum frekuensi bersama dari pengamatan dengan menghitung banyaknya pengamatan pada masing-masing kategori. Tabel tersebut dapat digunakan untuk mengukur hubungan (asosiasi) antara dua (atau lebih) variabel kategorik berdasarkan proporsi atau peluang sampel pada setiap pengamatan. Misalkan ada dua variabel kategori X dan Y dengan i adalah banyaknya kategori dari X dan j menyatakan menyatakan banyaknya kategori dari Y. Tabel dengan i baris untuk kategori X dan j kolom untuk kategori Y yang menyajikan banyaknya keluaran dari setiap ruangan (kombinasi ij) disebut tabel kontingensi. Suatu tabel kontingensi yang menunjukkan klasifkasi dua variabel disebut tabel kontingensi dua arah.


Contoh Tabel Kontingensi Dua Arah

Y Jumlah
j=1 j=2
X i=1 f11 f12 n1
i=2 f21 f22 n2
Jumlah n1 n2 n

Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Koefisien Kontingensi Dua Arah, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up