Analisis Data Eksploratif : Koefisien Determinasi

Hubungan antara koefisien regressi dan koefisien korelasi adalah r2 = bb’ . Dimana b adalah koefisien regressi dari Y = a + bX sedangkan b’ adalah koefisien regressi dari X = a’ + b’Y

Ukuran yang mengkaji kemampuan model regresi memprediksi atau menjelaskan suatu hasil (outcome) dalam regresi linear. Lebih spesifik, R2 menunjukkan proporsi dari varians dari variabel dependen (Y) yang dapat dijelaskan oleh model regresi linier dan variabel prediktor (X). Secara umum, nilai R2 yang tinggi merupakan petunjuk bahwa model fit pada data, walaupun interpretasi kecocokan model (model fit)
tergantung pada masalahnya.

R2 = 0,25 ==> 25 persen dari variasi (keragaman) dari Y dapat dijelaskan oleh model (keragaman dari variabel X), persentase tersebut mungkin sudah cukup tinggi di bidang ilmu-ilmu sosial; di bidang lain, seperti pada ilmu teknik, diharapkan R2 → 100 persen. Teoretis minimum R2 = 0, karena regresi linear didasarkan pada tingkat kecocokan model maka R2 diharapkan setinggi mungkin, R2 > 0, walaupun X (prediktor) dan Y (variabel respon) tidak menampakkan hubungan.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Regresi Liniear Sederhana, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

https://youtu.be/cC0uBlOymbE

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up