Analisis Data Eksploratif : Pengertian Diagram Kotak Beserta Bagian-bagiannya

Pengertian Diagram Kotak (Box Plot)

Diagram kotak sering digunakan ketika jumlah distribusi data perlu dibandingkan. Box plot atau diagram kotak sering di sebut dengan box-and-whisker plot. Diagram kotak merupakan ringkasan distribusi sampel yang disajikan secara grafis yang bisa menggambarkan bentuk distribusi data (skewness), ukuran tendensi sentral dan ukuran penyebaran (keragaman) data pengamatan. Diagram kotak menyajikan informasi tentang nilai-nilai inti dalam distribusi data termasuk juga pencilan. Sehingga dengan diagram kotak dapat mengidentifikasi nilai-nilai ekstrem dan informasi lain dengan mudah.


Bagian-bagian Diagram Kotak (Box Plot)

Diagram kotak dapat dibuat dengan bantuan software SPSS maupun Ms. Excel. Diagram kotak menyajikan five-number summary (minimum, Q1, Q2, Q3, maximum) dalam bentuk skema. Q1, merepresentasikan seluruh data yang terdapat pada 25% bagian dari keseluruhan data, setelah data diurutkan dari yang terkecil hingga terbesar. Q2, merupakan data yang terletak di tengah dari keseluruhan data dan membagi data menjadi dua bagian sama besar. Q3, yaitu seluruh data yang terdapat pada 75% bagian dari keseluruhan data, setelah data diurutkan dari yang terkecil hingga terbesar. Whisker adalah kisaran sebagian besar atau semua data di ekor dari distribusi ditandai dengan menggunakan garis memanjang jauh dari kotak.


Mild Outlier dan Extreme Outlier

โ€ข Mild outlier adalah suatu observasi yang nilainya berada di antara -3IQR dan -1,5IQR atau +1,5IQR dan +3IQR
โ€ข Extreme outlier adalah suatu observasi yang nilainya kurang dari -3IQR atau lebih dari +3IQR


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Dot Plot dan Box Plot, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up