Analisis Data Eksploratif : Cara Membuat Diagram Titik (Dot Plot)

Pembuatan Dot Plot Secara Manual

Buatlah dot plot dari jumlah kelereng yang dikumpulkan Amir dalam tiga hari terakhir berikut.

Jawab

Langkah pertama adalah menghitung frekuensi untuk tiap nilai data.

Kemudian buatlah garis bilangan horizontal sesuai dengan nilai-nilai observasi yang ada. Lalu buatlah titik-titik di atas nilai observasi dengan jumlah yang sesuai dengan frekuensinya. Sehingga diperoleh dot plot sebagai berikut.


Pembuatan Dot Plot Dengan Ms. Excel

Dengan data yang sama seperti di atas, pembuatan dot plot dilakukan dengan mengurutkan data terlebih dahulu dengan cara, blok semua data, klik kanan, klik sort, lalu klik sort smallest to largest. Sehingga diperoleh seperti berikut.

Setelah data terurut, cari frekuensi dari setiap nilai data. Misalkan data dimulai dari sel B1, maka ketikkan angka “1” di sel C1. Setelah itu gunakan fungsi logika untuk kolom C2, yaitu “=IF(B2=B1,C1+1,1)”.

Setelah itu, dekatkan pointer ke ujung kanan bawah sel C2, lalu drag ke bawah untuk menjalankan fungsi tersebut pada data yang lainnya. Sehingga diperoleh data sebagai berikut.

Setelah mencari frekuensi tersebut, blok seluruh data beserta dengan frekuensinya lalu pilih menu INSERT, di submenu chart pilih scatter.

Agar menjadi seperti dot plot, hilangkan Y-axis, horizontal dan vertikal gridlines dengan cara men”delete”nya. Diperoleh sebagai berikut.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Dot Plot dan Box Plot, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up