Analisis Data Eksploratif : Pengertian Diagram Titik

Pengertian Diagram Titik (Dot Plot)

Diagram titik (dot plot) merupakan cara menyajikan data dengan plot-plot pencar dengan nilai dikelompokkan bersama-sama secara vertikal (seperti histogram) dan dengan poin-poin yang dipisahkan secara vertikal (seperti histogram) dan dengan poin-poin yang dipisahkan secara horizontal.

Tujuan dari pembuatan diagram titik adalah untuk menampilkan semua data numerik untuk beberapa variabel atau kelompok dalam sebuah grafik tersusun, menguji suatu data, dan membandingkan beberapa data.

Diagram titik memberikan dapat digunakan untuk melihat di mana data memusat dan perbedaan-perbedaan yang terjadi dalam suatu data set. Satu poin data dalam diagram titik (dot plot) digambarkan dengan sebuah titik (dot), sehingga dapat ditentukan median dari suatu data set. Selain itu, dapat juga diketahui modus (nilai yang paling sering muncul) dengan mencari kolomm yang memiliki dot paling banyak atau paling tinggi. Diagram titik juga dapat menunjukkan nilai maksimum, nilai minimum dan mencari kuartil.


Contoh Diagram Titik (Dot Plot)


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Dot Plot dan Box Plot, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up