Analisis Data Eksploratif : Nilai Maksimum, Minimum, Hinges, dan Five Number Summary

Nilai Maksimum-minimum

Nilai maksimum dan minimum adalah nilai terendah dan nilai tertinggi pada suatu data. Kita dapat dengan mudah mencari nilai minimum dan maksimum dalam suatu data ketika data telah diurutkan dari nilai terkecil ke terbesar atau sebaliknya. Dari nilai maksimum dan minimum dapat dihitung range (jangkauan) yaitu dengan mencari selesih antara keduanya (nilai maksimum – nilai minimum).


Hinges

Hinges adalah nilai lain yang menjadi nilai tengah antara nilai minimum dengan median dan nilai tengah antara median dengan nilai maksimum. Hinges ada dua yaitu hinges bawah (Q1) dan hinges atas (Q3) sehingga hinges dan median akan membagi data ke dalam empat bagian. Meskipun penamaan hinges bawah dan hinges atas adalah sebagai Q1 dan Q3 tetapi sebenarnya terdapat perbedaan antara hinges dan quartile. Jadi ketika perhitungan hinges akan berbeda dengan perhitungan menggunakan quartile.


Five Number Summary

Tukey Five-Number Summary berisi informasi nilai minimum, median, hinges bawah, hinges atas, dan nilai maksimum. Five number Summary ini nantinya akan memiliki banyak sekali kegunaan diantaranya untuk mendeteksi outlier, membuat diagram kotak, dan melakukan transformasi data.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Analisis Data Eksploratif – Outlier, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up