Analisis Data Eksploratif : Pengertian, Komponen, dan Contoh Diagram Batang dan Daun

Pengertian

Diagram Batang Daun merupakan salah satu dari metode grafik(histogram, diagram dahan daun, dan box plot) untuk menampilkan ringkasan sebuah data. Diagram batang dan daun (stem and leaf diagram) merupakan cara menyajikan data yang paling efektif untuk tipe data angka yang univariatif dengan membaginya menjadi dua, yaitu batang dan daun.


Komponen Diagram Batang dan Daun

Batang dan Daun (Stem and Leaf)

Stem adalah batang dari data yang merupakan digit pertama dari data, sedangkan leaf atau daun data adalah digit selanjutnya dari data tersebut. Penggunaan stem disesuaikan dengan efektifitas dan efisiensi pengelompokan data. Contohnya adalah angka 314 dapat dibagi menjadi stem : 3 dan leaf 14 atau stem : 31 dan leaf : 4.

Key

Key merupakan hal yang paling penting dalam pembuatan diagram batang dan daun. Key digunakan untuk mempermudah pembaca dalam melihat data yang disajikan. Kunci ini menggambarkan cara membaca diagram stem dan leaf. Contohnya adalah data bernilai 314 dibagi menjadi stem : 31 dan leaf : 4, maka dapat dibuat key 31|4.


Contoh Diagram Batang dan Daun


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Analisis Data Eksploratif – Diagram Batang Daun, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up