Apa Kata Data ? | Big Data Analysis: Seberapa Tahu Kamu Tentang Big Data ?

Big Data

Tahukah kamu bahwa lebih dari 2,5 miliar gigabyte data dari seluruh dunia diciptakan setiap harinya. Data sebanyak itu jika ditampung dalam microSD berukuran 32 gigabyte maka akan diperlukan 7.125.000 microSD dan akan memakan tempat sebanyak 5.157 kolam renang sedalam 2 meter setiap harinya. Karena begitu banyak, beragam, dan cepat data-data ini terbentuk, sistem komputer dan perangkat lunak konvensional menjadi tidak mampu lagi untuk mengolah data tersebut. Dengan demikian, kumpulan data ini disebut dengan big data.


Karakteristik Big Data

Istilah big data digunakan jika kumpulan data tersebut (baik data terstruktur maupun tidak terstruktur) memiliki karakteristik tertentu dari segi volume, velocity, dan variety.

Volume

Berdasarkan informasi dari seorang analis teknologi informasi dari IDC, diperkirakan pada tahun 2025 manusia akan menghasilkan data sebesar 163 triliun gigabyte.

Velocity

Dari informasi yang dirilis oleh Data Never Sleeps 6.0, terdapat 3,8 juta penjaring di Google, 49,3 ribu foto yang diupload ke Instagram, dan 4,3 juta stream video di Youtube. Semua data itu terbentuk tiap menitnya.

Variety

Tipe-tipe data yang dihasilkan big data sangatlah beragam. Data-data tersebut dapat berupa teks, email, video, audio, dokumen, dll. Data-data yang besar itu juga dapat terbentuk dari data pencarian Google, Instagram, data kemacetan, data catatan medis, data transportasi, data transaksi perbankan, dan masih banyak lagi.


Big Data Analysis

Analisis big data adalah proses pengujian terhadap kumpulan data yang sangat besar untuk menemukan pola tersembunyi informasi lain yang berguna dalam kegiatan bisnis.

Manfaat

  • Pemasaran lebih efektif
  • Menghasilkan peluang pendapatan baru
  • Efisiensi dalam melakukan pekerjaan

Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Apa Kata Data, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up