Apa Kata Data ? | Mengapa Penting Membicarakan Body Shaming ?

Body Shaming

Body shaming merupakan tindakan atau praktik mempermalukan seseorang dengan membuat komentar mengejek atau mengkritisi tentang bentuk tubuh dan ukurannya. Dari tahun ke tahun, korban dari body shaming terus meningkat. Ujaran kebencian yang dilontarkan pun semakin beragam. Hal ini tentu saja berdampak buruk. Statistik mengatakan bahwa 64 persen remaja putra dan 94 persen remaja putri pernah mengalami body shaming. Faktanya, 32 persen koban body shaming melakukan hal yang sama kepada orang lain.


Dampak Body Shaming

  • Kehilangan kepercayaan diri
  • Depresi
  • Diet berlebihan
  • Bunuh diri

Anggapan Buruk Tubuh Gemuk Maupun Kurus

Dikutip dari buku Fat Shame: Stigma and The Fat Body in American Culture, tubuh gemuk awalnya menuai banyak pujian karena merupakan wujud dari kemakmuran dan kesejahteraan. Sedangkan mereka yang kurus dipandang rendah, pemalas, dan tidak teratur. Namun, kini persepsi masyarakat telah berubah. Mereka yang gemuk justru dinilai sebagai pemalas dan menjijikkan. Sedangkan mereka yang kurus dinilai pandai dalam memilah makanan dan menjaga tubuh.


Body Shaming di Indonesia

Body shaming mulai populer sejak semakin maraknya penggunaan media sosial. Body shaming menjelma menjadi komentar-komentar jahat di media sosial yang diasosiasikan dengan berbagai lelucon.

Penyebab

Kita hidup di tengah masyarakat yang looks oriented dan setiap saat selalu dihadapkan dengan ekspektasi yang lebih tinggi bahkan terhadap penampilan seseorang. Hampir setiap detiknya, foto seorang perempuan yang diunggah di media sosial mendapatkan komentar partikular yang buruk tentang bagian tubuhnya.

Sanksi

Pelaku body shaming dapat dikenai pasal 27 ayat 3 dan pasal 45 ayat 3 UU ITE No. 11 Tahun 2008 tentang informasi dan transaksi elektronik. Ancaman atas tindakan pelanggaran terhadap undang-undang ini adalah pidana penjara paling lama selama 4 tahun, dan denda paling besar 750 juta rupiah.


Nah, yuk kita ubah kebiasaan ini dari diri sendiri. Belajar mengapresiasi kondisi tubuh orang lain, berkomentar positif, dan menggunakan media sosial dengan bijak.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Apa Kata Data, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up