Apa Kata Data ? | Umur Perempuan Lebih Panjang dari Laki-Laki, Ini Sebabnya

Latar Belakang

Pasti kalian sudah tahukan, apa yang dimaksud jenis kelamin dan gender? Jenis kelamin terbagi menjadi dua, yaitu perempuan dan laki-laki. Pada umumnya, perempuan ber-gender feminin, sedangkan laki-laki ber-gender maskulin. Menurut data sensus penduduk 2010, bayi laki-laki yang lahir hidup lebih banyak daripada bayi perempuan. Akan tetapi, pada umur 95 tahun ke atas, penduduk laki-laki jauh lebih sedikit dari pada penduduk perempuan.


Angka Harapan Hidup

Data sensus penduduk tahun 2010 menyatakan bahwa Indonesia memiliki jumlah penduduk laki-laki (50.34%) lebih banyak dari penduduk perempuan (49.66%). Dengan seks rasio sebesar 101 di perdesaan maupun di perkotaan. Artinya, terdapat 101 laki-laki setiap 100 perempuan di Indonesia.

Angka Harapan Hidup di Indonesia, 2010 & 2017

Pada 2010, angka harapan hidup laki-laki lebih pendek dari perempuan dengan selisih kurang lebih 4 tahun. Bahkan, hingga tahun 2017, angka harapan hidup laki-laki masih lebih pendek dari perempuan dengan selisih yang masih sama, yaitu kurang lebih 4 tahun.


Mengapa Usia Perempuan Lebih Panjang ?

Secara biologis, laki-laki hanya memiliki satu kromosom x, sedangkan perempuan memiliki dua kromosom x. Hal ini mempengaruhi umur sel pada tubuh laki-laki dan pada akhirnya menyebabkan laki-laki lebih rentan terkena penyakit.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Apa Kata Data, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up