Apa Kata Data ? | Faktanya Laki-Laki Lebih Bahagia, Kok Bisa ?

Latar Belakang

Indonesia merupakan negara kesatuan yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Indonesia kaya akan keanekaragaman suku, bangsa, dan budaya. Kamu, adalah salah satu dari Indonesia. Apakah kamu sudah bahagia menjadi bagian dari bangsa Indonesia?


Indeks Kebahagiaan

Pada umumnya, orang-orang tahu bahwa kebahagiaan hanya bisa diukur dari diri sendiri. Tapi faktanya, terdapat indeks kebahagiaan yang juga mampu mengukur kebahagiaan. Indikator kebahagiaan merupakan ukuran yang menggambarkan tingkat kesejahteraan yang telah dicapai setiap individu. Oleh karena kebahagiaan mencakup fenomena kehidupan yang kompleks dan berbagai determinannya saling berkorelasi maka penilaian terhadap tingkat kebahagiaan memerlukan sebuah kerangka kerja yang mencakup 19 indikator yang tercakup ke dalam tiga dimensi berikut :

  1. Dimensi kepuasan hidup
  2. Dimensi makna hidup
  3. Dimensi perasaan

Besaran Kontribusi Dimensi Indeks Kebahagiaan

Setiap dimensi penyusun indeks kebahagiaan memiliki besaran kontribusi yang berbeda. Dimensi yang berkontribusi terbesar adalah dimensi kepuasan hidup (34.80%).


Metode Pengukuran Indeks Kebahagiaan

Tahun 2014 Tahun 2017
Dimensi Kepuasan Hidup Dimensi Kepuasan Hidup
Dimensi Makna Hidup
Dimensi Perasaan

Data Statistik Indeks Kebahagiaan

Tingkat Kebahagiaan Penduduk Indonesia, 2017

Berdasarkan data hasil survei pengukuran tingkat kebahagiaan tahun 2017 yang dilakukan oleh BPS, tiga provinsi dengan indeks kebahagiaan tertinggi di antaranya, Maluku Utara (75.68), Maluku (73.77), dan Sulawesi Utara (73.69). Sedangkan 3 provinsi dengan indeks kebahagiaan terendah di antaranya, NTT (68.98), Sumatera Utara (68.41), dan Papua (67.52).

Dimensi Penyusun Indeks Kebahagiaan

Besarnya indeks pada masing-masing dimensi penyusun indeks kebahagiaan Indonesia, yaitu indeks dimensi kepuasan hidup (71.07), indeks dimensi perasaan (68.59), dan indeks dimensi makna hidup (72.23). Seluruh indeks diukur pada skala nol hingga seratus.

Indeks Kebahagiaan Menurut Status Wilayah

Menurut status wilayah, penduduk yang tinggal di daerah perkotaan lebih bahagia. Namun, di antara kedua wilayah tersebut terdapat pola yang berbeda. karakteristik lingkungan perkotaan memiliki segala kemudahan dalam pemenuhan kebutuhan dasar hidup sehari-hari yang telah terindikasi dari nilai indeks kepuasan hidup personal (67.88) lebih tinggi dari perdesaan (63.72). Sebaliknya, penduduk perdesaan memiliki indeks kepuasan hidup sosial (76.51) lebih tinggi dari perkotaan (75.86). Kondisi ini sejalan dengan kultur sosial dan keeratan masyarakat di desa.

Indeks Kebahagiaan Menurut Jenis Kelamin

Berdasarkan data, penduduk laki-laki lebih bahagia daripada penduduk perempuan. Bahkan, jika dilihat dari dimensi penyusunnya, hampir semua dimensi menunjukkan penduduk laki-laki memiliki nilai lebih tinggi. Variasi tersebut tidak lain disebabkan adanya perbedaan status sosial dan peran yang dimiliki oleh keduanya.

Indeks Kebahagiaan Menurut Status Perkawinan

Menurut status perkawinan, indeks kebahagiaan penduduk yang belum menikah lebih tinggi daripada penduduk dengan status perkawinan lainnya.

Gimana nih sobat statistik, udah pada tahukan indeks kebahagiaan? Ingatlah bahwa hidup ini singkat, jadi jangan lupa bahagia yaa! Ayo, kaum mayoritas bersatu dengan minoritas dengan rasa solidaritas untuk Indonesia yang lebih bahagia.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Apa Kata Data, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up