Apa Kata Data ? | Alasan Seseorang Mau Menjadi Pelaku Kriminal

Latar Belakang

Pernahkah kamu menonton film di televisi atau media lainnya? Dalam cerita tersebut, pasti ada pemeran baik dan juga pemeran jahat. Dalam artikel ini, belajar statistik tidak akan membahas sang tokoh baik. Tokoh jahat tidak hanya ada di cerita fiksi tapi juga di kehidupan nyata. Bahkan, peran seorang penjahat mampu dijadikan indikator tingkat keamanan bangsa. Eits, bukan berarti kejahatan dilakukan sebagai suatu kebanggaan. Kriminalitas tidak serta merta terjadi dengan sendirinya. Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya kriminalitas, berikut penjelasannya.


Penyebab Kriminalitas

Meningkatnya Tingkat Pengangguran

Semua orang pasti membutuhkan pekerjaan untuk memenuhi kehidupannya. Bagi orang yang menganggur dan tidak mempunyai cara lain untuk mendapatkan penghasilan mereka dapat melakukan tindak kejahatan sebagai cara instan memperoleh uang.

Akulturasi dan Asimilasi

Menyaring memang sangat baik untuk menjaga nilai dan norma budaya lokal. Akan tetapi, budaya luar tidak akan pernah berhenti untuk masuk ke dalam kehidupan kita.

Mentalitas

Mental yang tidak stabil. Misalnya, mudah percaya dengan berita hoax yang fakta-faktanya tidak dapat dibuktikan. Juga tindakan provokasi yang mengakibatkan orang-orang melakukan kejahatan seperti main hakim sendiri.

Penegakan Hukum Masih Tumpang Tindih

Indonesia adalah negara hukum. Hukum sendiri berfungsi untuk membatasi perilaku kriminal. Namun, jika kriminal sudah terjadi dan sudah mengalami proses pengadilan, tidak semua aksi tersebut terkena sanksi yang sesuai. Dengan harta dan jabatan seseorang bisa dengan mudah lolos dari jerat hukum hingga mampu menyuap penegak hukum.

Meningkatnya Tingkat Kepadatan Penduduk

Seseorang yang masuk dalam suatu peradaban yang semakin padat, kalau dihitung-hitung, berapa orangkah yang akan kita saingi untuk menjadi sukses? Tentu saja semakin banyak sehingga peluang kesuksesan menjadi semakin kecil. Bagi orang yang kreatif dan inovatif pasti mudah dalam membuat suatu usaha baru. Namun jika tidak, orang-orang akan mengambil cara instan, yakni kriminalitas.


Statistik Kriminalitas

Total Kriminalitas di Indonesia, 2008-2017

Angka Kriminalitas tiap 100.000 penduduk Indonesia, 2008-2017

Kedua grafik di atas merupakan angka kejahatan di Indonesia dimana angka tersebut membandingkan jumlah orang yang melakukan kejahatan dengan jumlah penduduk di Indonesia. Pada tahun 2017, secara nasional, angka kriminalitasnya adalah 129. Artinya, setiap 129 orang dari 100.000 penduduk di Indonesia terkena tindak kejahatan dalam satu tahun. Selama satu dekade, angka kejahatannya menurun secara fluktuatif.


Jenis Kejahatan

Kejahatan terbagi menjadi beberapa kategori, di antaranya :

  • Kejahatan terhadap nyawa
  • Kejahatan terhadap fisik
  • Kejahatan terhadap kesusilaan
  • Kejahatan terhadap kemerdekaan orang
  • Kejahatan terhadap hak milik atau barang menggunakan kekerasan
  • Kejahatan terhadap ketertiban umum

Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Apa Kata Data, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up