Apa Kata Data ? | Kondisi Lahan Pertanian Indonesia

Kalian tahu betapa pentingnya pertanian di negara kita? Bagaimana jika seandainya sudah tidak ada lahan untuk bertani? Pertanian di Indonesia merupakan salah satu sektor kunci perekonomian Indonesia. Saat ini, sektor pertanian masih memberikan pendapatan bagi sebagian besar rumah tangga Indonesia. Sektor pertanian Indonesia ditinjau dan diatur oleh Kementerian Pertanian Republik Indonesia. Lantas, bagaimana kondisi luas lahan baku sawah di Indonesia?


Kondisi Luas Lahan Baku Sawah

BPS mencatat terjadinya penurunan luas lahan baku sawah di Indonesia, dari yang semula 7,75 hektare pada tahun 2013 menjadi 7,71 hektare pada 2018 . Angka luas lahan tersebut diperoleh dengan metodologi kerangka sampel area menggunakan data hasil citra satelit Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) dan Badan Informasi Geospasial (BIG).

Luas Bahan Baku Sawah di Indonesia (Hektare)

Dr. Surhayanto, Kepala BPS RI mengatakan “Kalau mengacu pada data 2013, luas bahan baku kita 7,75 hektare, tetapi setalah dilakukan pemetaan yang baru, ada pengurangan luas bahan baku menjadi 7,1 juta hektare.” Selain itu, beliau juga mengatakan bahwa penurunan lahan tersebut dipicu oleh gencarnya alih fungsi. Menurut beliau, ada 1 cara yang bisa dilakukan agar alih fungsi pertanian bisa dihentikan. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan cara memberikan insentif kepada petani yang tidak mengalihfungsikan lahan pertanian mereka.

Nah, sobat belajar statistik udah tahu kan? Itu tadi adalah data-data statistik mengenai lahan pertanian di Indonesia. Semoga belajar statistik selalu memberikan informasi yang bermanfaat bagi sonat semuanya!


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Apa Kata Data, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up