Sosial Budaya | Benarkah Kebudayaan Indonesia Sudah Luntur ?

Sosial Budaya

Menurut Andreas Eppink, sosial budaya atau kebudayaan adalah segala sesuatu atau tata nilai yang berlaku dalam sebuah masyarakat yang menjadi ciri khas dari masyarakat tersebut. Indonesia sendiri merupakan rumah dari 1.340 suku bangsa dengan 2.500 jenis bahasa serta kekayaan warisan budaya, baik benda maupun tak benda yang jumlahnya mencapai ribuan. Pada sidang UNESCO ke-39 di Paris tahun 2017, Fransesco Bandarin, asisten dirjen UNESCO bidang budaya, menyatakan bahwa Indonesia adalah negara super power di bidang budaya.


Statistik Sosial Budaya

Pertunjukkan Seni

Persentase Penduduk Berumur 5 Tahun ke Atas yang Menonton Pertunjukkan/Pameran Seni Selama Tiga Bulan Terakhir

Penduduk yang tidak pernah menonton pertunjukan seni sebesar 16,8%, penduduk yang menonton secara langsung sebesar 34,4% sedangkan yang menonton tidak secara langsung, seperti melalui media televisi, radio, maupun media online sebesar 48,8%.

Persentase Penduduk yang Menonton secara Tidak Langsung Menurut Tipe Daerah

Jika dilihat menurut tipe daerah, persentase penduduk di daerah perkotaan yang menonton pertunjukkan atau pameran seni secara tidak langsung lebih tinggi dibandingkan dengan penduduk di daerah perdesaan.


Peninggalan Sejarah dan Warisan Daerah

Persentase Penduduk Berumur 5 Tahun ke Atas yang Pernah Mengunjungi Peninggalan Sejarah/Warisan Budaya Selama Setahun Terakhir

Berdasarkan hasil Susenas MSBP 2018, baru sekitar 10,9% penduduk yang pernah mengunjungi peninggalan sejarah/warisan budaya. Namun, jika dilihat berdasarkan tipe daerah, penduduk perkotaan memiliki persentase dua kali lipat lebih tinggi dari penduduk di perdesaan.


Permainan Rakyat

Persentase Penduduk Berumur 5 Tahun ke Atas yang Melakukan Permainan Rakyat Selama Setahun terakhir Menurut Jenis Kelamin, 2018

Persentase Penduduk Berumur 5 Tahun ke Atas yang Melakukan Permainan Rakyat Selama Setahun terakhir Menurut Tipe Daerah, 2018

Persentase penduduk yang melakukan permainan rakyat dalam setahun terakhir sebesar 12,60%. Bila dilihat dari jenis kelamin, penduduk laki-laki lebih banyak melakukan permainan rakyat dibandingkan penduduk perempuan. Sedangkan jika dilihat menurut tipe daerah, persentase penduduk di perdesaan yang melakukan permainan rakyat lebih tinggi dibandingkan penduduk di perkotaan.


Produk Tradisional

Persentase Rumah Tangga yang Menggunakan Produk Tradisional

Separuh dari total rumah tangga menggunakan produk tradisional, yaitu sebesar 59,81%. Menurut daerahnya, rumah tangga di perdesaan lebih banyak menggunakan produk tradisional jika dibandingkan dengan rumah tangga di perkotaan.

Persentase Jenis Produk Tradisional Paling Banyak Digunakan Masyarakat

Jenis produk tradisional paling banyak digunakan di antaranya obat tradisional (38,84%), kerajinan tradisional (31,32%), metode penyehatan tradisional (23%), dan busana daerah (18,96%).


Upacara Adat

Persentase Rumah Tangga yang Menghadiri atau Menyelenggarakan Upacara Adat Selama Setahun Terakhir, 2018

Berdasarkan hasil Susenas MSBP 2018, terdapat 90.56% rumah tangga yang menghadiri/menyelenggarakan upacara adat. Dari persentase tersebut, sebanyak 69,71% yang menghadiri upacara adat, 21,16% rumah tangga menyelenggarakan dan menghadiri, 0,69% rumah tangga menyelenggarakan, dan sisanya yakni 9,44% tidak menyelenggarakan dan menghadiri.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Data Menjawab, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up