Ketimpangan Gender | Sudahkah Perempuan Merdeka?

Latar Belakang

Pastinya sobat di rumah tahu kan, mengenai sosok pejuang kesetaraan wanita? Ya. R.A Kartini dan Raden Dewi Sartika. Mereka dengan gigihnya memperjuangkan nasib kaum wanita agar mendapat kesetaraan gender dengan pria. Berkat beliau juga, muncul sekolah-sekolah wanita. Kini, kita sering menemukan para wanita bekerja layaknya pria dalam pembangunan negeri. Namun, tidak semua wanita mendapat perlakuan yang sama dengan pria. Masih banyak perusahaan yang memprioritaskan pria untuk dijadikan para pekerjanya.


Ketimpangan Gender

Gender adalah perbedaan peran, kedudukan, tanggung jawab, dan pembagian kerja antara pria dan wanita yang ditetapkan oleh masyarakat berdasarkan sifat pria dan wanita yang dianggap pantas menurut norma, adat istiadat, kepercayaan, atau kebiasaan masyarakat. Sedangkan ketimpangan gender adalah bentuk perbedaan perlakuan berdasarkan alasan gender, seperti pembatasan peran, penyingkiran, atau pilih kasih yang mengakibatkan pelanggaran atas pengakuan hak asasi, persamaan hak antara laki-laki dan perempuan, maupun hak dasar dalam bidang sosial, politik, ekonomi, budaya, dll.


Tanda-Tanda Ketimpangan Gender

Putus Sekolah

Banyak wanita yang putus sekolah dan memilih untuk menikah. Hal ini menyebabkan banyaknya wanita yang tidak berpendidikan tinggi dan menyulitkan mereka dalam hal bekerja.

Menolak Lamaran Kerja Wanita

Banyak perusahaan yang menolak lamaran kerja para wanita karena menganggap pria lebih bisa diandalkan dibanding wanita.

Grafik Ketimpangan Gender di Negara ASEAN, 2017

Terlihat bahwa Indonesia berada di peringkat ke-7 dimana angka ketimpangan gendernya berada di atas rata-rata dunia. Hal ini menunjukkan perbedaan kontribusi pria dan wanita cukup besar, yaitu 45,3 persen.

Indeks Ketimpangan Gender Tahun 2015-2017

Pada tahun 2015, angka indeks menunjukkan 0,466 sedangkan pada tahun 2017 menunjukkan angka 0,445. Hal ini menunjukkan adanya penurunan ketimpangan gender sekitar 2,1%. Ini menyatakan bahwa Indonesia di tahun 2017 lebih baik dibanding tahun sebelumnya.


Kesetaraan Gender Menurut Provinsi

Provinsi Terbaik Dalam Kesetaraan Gender

  • DKI Jakarta
  • Bali
  • D.I Yogyakarta
  • Jawa Tengah
  • Kepulauan Riau

Provinsi Terburuk Dalam Kesetaraan Gender

  • Papua Barat
  • Maluku Utara
  • Kalimantan Barat
  • Sulawesi Tenggara
  • Jambi

Untuk membangun Indonesia menuju jauh lebih baik, yuk kita tingkatkan pemberdayaan wanita dengan memberi kesempatan pada mereka untuk berkontribusi dalam pembangunan negeri.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Data Menjawab, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up