Mengapa Youtube Lebih Dari TV? Boom!

Latar Belakang

Apa yang biasa kamu lakukan ketika gadget ada di tanganmu ? Kebanyakan orang akan memilih untuk membuka sosial media seperti Instagram, Facebook, hingga YouTube. Tentunya sederetan sosial media yang baru saja disebutkan tak asing bagi kita, terutama YouTube. Seperti yang kita tahu, YouTube adalah situs video sharing yang banyak digunakan untuk berbagi video.


Sejarah Youtube

Situs YouTube pertama kali berdiri pada 14 Februari 2005. YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai 11,5 juta dollar dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. YouTube didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal. Steve Chen merupakan salah satu karyawan Facebook yang keluar untuk merintis YouTube. Apakah kalian tahu video yang pertama kali diunggah di YouTube? Ya, video dengan judul “Me at the zoo” adalah video pertama YouTube yang diunggah oleh Jawed Karim pada 23 April 2005 yang juga merupakan seorang pendiri YouTube. Pada Oktober 2010, Chad Hurley yang pernah belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, mengundurkan diri dari jabatannya sebagai CEO YouTube. Meskipun begitu, ia menyatakan bahwa ia akan terus menjadi penasihat YouTube.

Pada tahun 2006, tercatat lebih dari 65 ribu video diunggah setiap harinya dan situs ini menerima 100 juta kunjungan video per hari pada Juli 2006. Lalu. pada Oktober 2006, Google Inc. membeli Youtube senilai 1,65 miliar US dollar. Hingga saat ini, YouTube menjadi situs online Video provider paling dominan di Amerika Serikat atau bahkan dunia, dengan menguasai 43 persen pasar. Diperkirakan 20 jam durasi video di upload ke Youtube setiap menitnya dengan 6 miliar views setiap harinya.


Keunggulan YouTube

Salah satu keunggulan YouTube adalah komunitasnya yang sangat bersahabat. Kedekatan antara content creator dengan viewers membuat YouTube semakin berkembang. Dengan semakin berkembangnya YouTube, menimbulkan banyak permasalahan yang terjadi pada komunitas YouTube sendiri. Mulai dari muncul banyaknya perusahaan-perusahaan entertainment yang masuk YouTube sampai pada puncaknya drama pewdiepie versus T-Series tahun lalu. Masuknya T-Series sebagai perusahaan korporatif India mengindikasi bahwa orang tidak lagi nonton TV di TV, melainkan nonton TV di YouTube. Namun, dengan pindahnya orang yang nonton TV ke YouTube, apakah menandakan bahwa YouTube lebih dari TV ?


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Data Menjawab, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up