Inilah Alasan Mengapa Orang Berlibur ke Bali

Latar Belakang

Indonesia ialah negara kepulauan yang terletak di garis khatulistiwa dan berada di antara Benua Asia dan Benua Australia serta Samudera Hindia dan Samudera Pasifik. Indonesia juga merupakan negara yang kaya akan budaya, bahasa, dan pariwisata. Oleh karena itu, banyak wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Indonesia.


Wisatawan Mancanegara

Menurut BPS, wisatawan mancanegara adalah setiap pengunjung yang mengunjungi suatu negara di luar tempat tinggalnya, didorong oleh satu atau beberapa keperluan tanpa bermaksud memperoleh penghasilan di tempat yang dikunjungi dan lamanya kunjungan tersebut tidak lebih dari 12 (dua belas) bulan.

Jumlah Wisatawan Mancanegara Berdasarkan Pintu Masuk

Berdasarkan data tersebut, dapat kita ketahui bahwa wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia lebih banyak masuk melalui Bandara Ngurah Rai yang terletak di Provinsi Bali. Bandara Soekarno-Hatta pun tak kalah banyak, yakni mencapai 2,6 juta dan mengalami peningkatan sebesar 5,6% di tahun 2017.

Pertumbuhan Wisatawan Mancanegara

Grafik tersebut memaparkan mengenai pertumbuhan wisatawan mancanegara di Indonesia serta di Provinsi Bali. Keduanya memiliki persamaan, yakni sama-sama mengalami peningkatan setiap tahunnya. Dimana pertumbuhan wisatawan mancanegara di Indonesia naik sebesar 21,88% dan pertumbuhan wisatawan mancanegara di Provinsi Bali naik sebesar 15,62%.


Bali Sebagai Destinasi Wisata Favorit

Bali sendiri merupakan pulau kecil yang kaya akan tempat wisata, seperti Ulun Danu Beratan, Kebun Raya Bedugul, Pantai Pandawa, Tanah Lot, Uluwatu, dan masih banyak lainnya.

Jumlah Wisatawan 2016-2017

Dari grafik tersebut, jelas terlihat bahwa destinasi wisata yang paling sering dikunjungi ialah Tanah Lot. Selisih pengunjung Tanah Lot dengan destinasi wisata lainnya terbilang cukup besar.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Data Menjawab, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up