Global Warming, Apa Sebabnya ?

Pemanasan Global

Pemanasan global adalah suatu proses meningkatnya suhu rata-rata atmosfer, laut, dan daratan. Pemanasan global terjadi karena banyak faktor, yakni efek rumah kaca, kebakaran hutan, dan kegiatan manusia lainnya. Penipisan ozon terjadi karena bentuk senyawa ozon yang bereaksi dengan zat alami maupun buatan dari bumi, kemudian berubah menjadi karbon dioksida yang akhirnya terlepas dari atmosfer dan mengakibatkan terjadinya pelubangan ozon.


Penyebab

Efek Rumah Kaca

Efek rumah kaca disebabkan oleh gas rumah kaca yang terjadi secara alami ataupun akibat aktivitas manusia. Gas-gas tersebut terdiri dari uap air dan karbon dioksida, metana, nitrogen dioksida, dan gas chlorofluorocarbon (CFC) yang terdapat pada kulkas dan pendingin ruangan.

Global Warming Zat Rumah Kaca

Dapat dilihat pada grafik tersebut, konsentrasi karbon dioksidanya berasal dari kegiatan ringan kita. mulai dari penggunaan kendaraan hingga penggunaan listrik sehari-hari.

Kebakaran Hutan

Kebakaran hutan merupakan salah satu penyebab utama yang mengakibatkan menipisnya lapisan ozon. Adapun provinsi yang sering mengalami kebakaran hutan di antaranya, Kalimantan Tengah, Riau, Aceh, hingga Kalimantan Selatan.


Perubahan Suhu Atmosfer

Global Warming Suhu Atmosfer

Dari tahun 1900 sampai 1950, tidak terjadi perubahan kenaikan suhu yang siginifikan. Namun, mulai dari tahun 1950 sampai 2000, mulai terjadi kenaikan suhu sebesar 1 derajat celcius. Jika kita perhatikan, pada proyeksi kenaikan suhu tahun 2050 hingga 20100, terjadi kenaikan suhu yang sangat signifikan, dimana terjadi perubahan suhu 4 derajat celcius yang cukup ekstrem. Kenaikan suhu juga mempengaruhi kenaikan permukaan air laut. Mengapa? Karena ketika atmosfer menghangat, lapisan permukaan laut juga akan menghangat. Sehingga, volume membesar dan menaikkan tinggi permukaan air laut.

Global Warming Naiknya Permukaan Air Laut

Pada grafik kenaikan permukaan air laut di atas, terdapat perubahan yang cukup signifikan dari tahun 1900 sampai tahun 2000. Karena itu, pemanasan global yang mempengaruhi kenaikan suhu dan permukaan air laut akan mengakibatkan pada cairnya es di kutub.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Data Menjawab, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up