Sudahkah Kamu Mengetahui Provinsi Penghasil Padi Terbanyak di Indonesia?

Padi bukanlah suatu hal yang asing lagi bagi masyarakat yang hidup di negara agraris seperti Indonesia. Tanaman padi sendiri nantinya akan diolah dan menghasilkan beras yang merupakan makanan pokok masyarakat di negara kita.

Daerah Penghasil Padi Terbanyak

Provinsi yang memproduksi padi dalam jumlah besar tersebut juga termasuk dalam provinsi yang memiliki jumlah penduduk banyak. Karena hal tersebut, bisa jadi banyaknya penduduk di suatu daerah akan mempengaruhi banyaknya jumlah padi yang diproduksi.


Pertumbuhan Produksi Padi Nasional, 2014-2018

Sumber: Badan Pusat Statistik (BPS)

Grafik tersebut menunjukkan perkembangan produksi padi di Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun. Dari tahun ke tahun, pertumbuhan padi mengalami peningkatan yang signifikan.


Langkah BPS dalam Menyempurnakan Data Produksi Beras

Penetapan luas lahan baku sawah menggunakan citra satelit sangat tinggi dari LAPAN, kemudian diolah oleh BIG menggunakan metode Cylindrical Equal Area (CEA). Perhitungan luas panen yang sebelumnya dilakukan melalui metode Eye Estimate disempurnakan melalui perhitungan menggunakan metodologi Kerangka Sampel Area (KSA). Perhitungan konversi gabah kering menjadi beras oleh BPS. Metode ini mengakomodir penanam padi jajar legowo serta menggunakan aplikasi berbasis android dengan metode pengolahan berbasis web dan software untuk meminimalkan tingkat kesalahan data.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Data Berbicara, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up