Masih Adakah Ruang Terbuka Hijau?

Latar Belakang

Ruang-Terbuka-Hijau
Sumber: id.pinterest.com

Apakah kalian bisa menebak berapa luas negara Indonesia?

Menurut data Perpustakaan Nasional, luas negara Indonesia mencapai 1.904.569  yang terbagi menjadi wilayah lautan dan wilayah daratan. Hal tersebut menjadi salah satu faktor banyaknya penduduk Indonesia yang mencapai lebih dari 260 juta jiwa. Lantas, dengan penduduk yang banyak dan luas daratan yang mencapai lebih dari 634 ribu  apakah Indonesia siap memproduksi oksigennya sendiri?

Indonesia digadang-gadang menjadi sumber paru-paru dunia. Namun faktanya, luas hutan di Indonesia berkurang secara signifikan. Menurut data Kementerian Lingkungan Hidup dan Perhutanan, pada tahun 2015, luas hutan di Indonesia mencapai 128 juta hektare, sedangkan pada tahun 2017 menjadi 125 juta hektare. Hal ini membuktikan bahwa angka deforestasi di Indonesia masih cukup tinggi.


Ruang Terbuka Hijau

Ruang Terbuka Hijau (RTH), adalah area memanjang/jalur dan atau mengelompok, yang penggunaannya lebih bersifat terbuka, tempat tumbuh tanaman, baik yang tumbuh tanaman secara alamiah maupun yang sengaja ditanam. Terdapat dua macam Ruang Terbuka Hijau, yakni RTH Publik dan RTH Privat. Keberadaan Ruang Terbuka Hijau diatur dalam UU No. 26 Tahun 2007.

Perkembangan Ruang Terbuka Hijau

Jumlah ruang terbuka hijau di setiap kota harus sebesar 30% dari luas kota tersebut. Dalam periode 5 tahun yakni sejak 2011 hingga 2016, jumlah ruang terbuka hijau di Indonesia baik berupa taman maupun kebun raya telah mencapai 247 buah dengan luas total 249,2 hektare. Untuk meningkatkan jumlah tersebut, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat pada tahun 2016 membentuk Program Pengembangan Kota Hijau (P2KH) yang telah diikuti oleh 165 kabupaten/kota. Dengan dibentuknya program tersebut, kini tercatat telah terbentuk 165 forum komunitas hijau, 500 komunitas hijau dengan 4000 penggiat, 250 aksi penting, dan 200 festival yang melibatkan kurang lebih 75.000 orang.

Fungsi Ruang Terbuka Hijau (RTH)

  1. Fungsi Ekologis
  2. Sistem sirkulasi udara
  3. Sebagai peneduh hujan
  4. Penyedia habitat satwa
  5. Produsen oksigen
  6. Penyerap air hujan
  7. Penyerap polutan media udara, air dan tanah
  8. Fungsi Sosial Ekonomi
  9. Tempat rekreasi
  10. Media komunikasi warga kota
  11. Sumber produk yang bisa dijual, seperti buah, bunga, dan sayur mayor
  12. Bagian dari usaha pertanian, perkebunan, dan kehutanan
  13. Fungsi Evakuasi
  14. Area mitigasi
  15. Tempat evakuasi saat terjadi bencana

Nah, dari penjelasan di atas, kita dapat mengetahui bahwa Ruang Terbuka Hijau (RTH) mempunyai andil yang besar dalam keberlangsungan hidup manusia. Selain itu, Ruang Terbuka Hijau menjadi salah satu sarana yang dimiliki masyarakat untuk memberikan hal positif terhadap bumi kita tercinta.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Data Berbicara, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
Up