Seberapa Besar Kunjungan Wisatawan Mancanegara ke Indonesia?

Latar Belakang

Indonesia merupakan negara yang terkenal dengan berbagai keindahan, baik alam, kebudayaan, maupun peninggalan sejarah. Banyak tempat wisata menarik yang dapat dikunjungi wisatawan yang tersebar di seluruh pulau dan provinsi yang ada di Indonesia. Dengan kondisi tersebut, Indonesia tentu memiliki potensi yang besar dibidang pariwisata.


Sektor Pariwisata

Sektor pariwisata memegang peranan besar dalam menyumbangkan devisa negara. Dengan mengembangkan pariwisata sebagai suatu industri, akan terjadi peningkatan dalam kesempatan kerja, pendapatan nasional, dan penerimaan pajak. Dalam mengembangkan sektor pariwisata, diperlukan program yang tepat dalam rangka meningkatkan jumlah kedatangan wisatawan mancanegara. Hal ini dapat dilakukan dengan meningkatkan kegiatan pemasaran dan perbaikan dari berbagai fasilitas yang diperlukan wisatawan mancanegara.


Wisatawan Mancanegara

Menurut UNWTO, wisatawan mancanegara (wisman) adalah setiap orang yang melakukan perjalanan ke suatu negara di luar negara tempat tinggalnya, kurang dari satu tahun, didorong oleh suatu tujuan utama (bisnis, berlibur, atau tujuan pribadi lainnya), selain untuk bekerja dengan penduduk negara yang dikunjungi. 

Jumlah Kunjungan Wisata Mancanegara, 2013-2017

Kunjungan wisata ke Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun terakhir menunjukkan tren meningkat. Hingga pada tahun 2017, jumlah pengunjung wisatawan mancanegara mencapai 14,04 juta yang naik sebesar 21,88% dibandingkan selama tahun 2016.

Pintu Masuk Utama

Jalur Udara

Pintu masuk udara mendominasi jalur kedatangan wisatawan mancanegara di Indonesia, yakni sebesar 9.670.655 kunjungan wisman di tahun 2017 yang datang melalui jalur udara, atau sebesar 68,89% dari jumlah wisman di tahun 2017. Bandara Internasinal Ngurah Rai merupakan jalur udara dengan pintu masuk udara tertinggi, dengan kedatangan wisman sebanyak 5,7 juta. Diikuti dengan Bandara Soekarno-Hatta, Bandara Juanda,  Bandara Kualanamu, dan Bandara Sepinggan yang merupakan bandara dengan kedatangan terendah, yang hanya meliputi 5,25 ribu wisata mancanegara.

Jalur Laut

Data kunjungan wisman melalui jalur laut yakni sebanyak 2.556.703 wisman selama tahun 2017. Pelabuhan Batam tercatat sebagai pintu masuk jalur laut paling dominan, yaitu sebesar 11,14% dari total kedatangan. Kemudian ada Pulau Pelabuhan Tanjung Uban dengan persentase kedatangan 2,65%.

Jalur Darat

Pada pintu masuk jalur darat, terdapat total 1.812.441 kedatangan wisman selama tahun 2017. Terdapat 3 jalur darat yang paling banyak dilalui, yaitu wilayah Jayapura yang berbatasan langsung dengan Papua Nugini. Lalu wilayah Atambua, yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Kemudian Kecamatan Entikong, di Provinsi Kalimantan barat yang berbatasan langsung dengan Malaysia.

Jumlah Wisatawan Berdasarkan Asal Negara

Sumber : Badan Pusat Statistik

Menurut data yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Statistik (BPS), Malaysia merupakan negara paling dominan yang berkunjung ke Indonesia, yakni sebanyak 2,1 juta wisman. Diikuti Cina, dengan wisman sebanyak 2,09 juta, Singapura dengan 1,5 juta wisman, Australia dengan 1,2 juta wisman, dan Jepang dengan wisman sebanyak 593 ribu orang.


Materi Lengkap

Silakan baca juga beberapa artikel menarik kami tentang Data Berbicara, daftar lengkapnya adalah sebagai berikut.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up