Metode Statistik – Korelasi

Pengertian Korelasi

Korelasi merupakan ketergantungan atau keterikatan dalam statistika baik ada sebab-akibat maupun tidak antara dua variabel acak (random). Dalam arti luas, korelasi adalah keterikatan secara statistik, walaupun penggunaan umum lebih sering merujuk pada seberapa dekat dua variabel mempunyai hubungan linear satu sama lain. Contoh dari fenomena ketergantungan ini adalah :

  1. Korelasi antara bentuk tubuh orang tua dengan anaknya
  2. Korelasi antara permintaan pada barang yang terbatas dengan harga dari barang tersebut

Diagram Pencar (Scatter Plot)

Diagram pencar atau scatter plot merupakan alat yang dapat digunakan untuk menetapkan arah hubungan antar variabel. Diagram pencar digunakan untuk mengetahui pola hubungan antar variabel (secara visual) untuk mendeskripsikan data. Akan tetapi diagram pencar ini tidak dapat digunakan untuk mengambil kesimpulan tentang hubungan sebab akibat antar dua variabel tanpa adanya teori atau penelitian terdahulu yang menjadi dasar. Biasanya digunakan untuk memperkuat bukti adanya hubungan sebab akibat antar dua variabel dari sebuah teori atau penelitian sebelumnya.

Baca Juga : Apa Perbedaan Analisis Regresi dan Korelasi

Koefisien Korelasi

Metode Statistika Korelasi Tidak Ada
Korelasi r 0,1
Metode Statistika Korelasi Sangat Kuat Positif
Korelasi r -0,8
Korelasi r 1
Korelasi r -1

Koefisien korelasi merupakan ukuran kuantitatif dari tingkat korelasi untuk beberapa tipe korelasi, menyatakan hubungan secara statistik antara dua variabel. Sebagai alat analisis, koefisien korelasi memiliki masalah tertentu, termasuk gangguan karena pencilan dan kemungkinan salah menafsirkan untuk menyimpulkan hubungan kausal (sebab-akibat) antara variabel yang dianalisis.

Nilai koefisien korelasi berada dalam interval -1 sampai +1

  1. +1 menunjukkan tingkatan tertinggi hubungan searah, jika kedua variabel bergerak pada arah yang sama; X dan Y sama-sama meningkat atau menurun
  2. -1 menunjukkan tingkatan tertinggi hubungan berlawanan arah, jika nilai kedua variabel bergerak pada arah yang berlawanan; X meningkat dan Y menurun atau sebaliknya

Macam-Macam Koefisien Korelasi


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
Up