Metode Statistika – Penyajian Data Kualitatif

Pengertian

Penyajian data kualitatif berasal dari data kualitatif dengan skala nominal dan ordinal. Data kualitatif merupakan data yang memperlihatkan karakteristik-karakteristik dari suatu objek penelitian. Oleh karena itu, data kualitatif tidak menampilkan kategori dalam bentuk angka. Penampilan dalam bentuk angka justru akan menghilangkan informasi yang dimiliki oleh data kualitatif. Tingkatan pengukuran yang biasa diberikan untuk data kualitatif adalah skala nominal dan ordinal.

Baca Juga : Apa Sih Skala Data itu?

Skala nominal akan mengklasifikasikan setiap data ke dalam kategori-kategori tertentu, sedangkan dengan skala ordinal akan didapatkan peringkat dari setiap kategori. Data kualitatif dapat disajikan dalam bentuk tabel dan diagram. Sajian tabel disebut juga dengan tabel distribusi frekuensi kualitatif yang memiliki ciri adanya pembagian kelas berdasarkan kategori-kategori tertentu. Sedangkan dalam bentuk diagram dapat digolongkan ke dalam 4 jenis diagram. Yaitu diagram lingkaran (pie graph), diagram batang (bar graph), diagram garis, dan piktogram.


Cara Penyajian Data Kualitatif

Dengan Tabel

Tabel adalah alat untuk menyajikan data yang merupakan kumpulan keterangan yang disusun dalam suatu baris dan kolom menurut kategori tertentu.

Struktur tabel

  • Nomor Tabel
    Dicantumkan apabila tabel yang disajikan lebih dari satu
  • Judul Tabel
    Menunjukkan rincian / isi tabel, keterangan tempat, dan keterangan waktu
  • Badan Tabel
    Berupa baris dan kolom
  • Sumber Data
    Dicantumkan di bawah tabel

Jenis Tabel

Tabel Referensi

Tabel referensi adalah tabel yang berfungsi sebagai sumber segala keterangan yang terperinci dan digunakan untuk penunjukan. Bentuk dari tabel referensi ini dapat berupa raw data yaitu data asli dari pengumpulan data. Contoh tabel referensi:

Tabel Referensi 2
Tabel Distribusi Frekuensi

Tabel distribusi frekuensi adalah penyajian statistik data berkelompok dalam bentuk tabel dimana setiap data dikelompokkan dalam kelas interval. Bentuk dari tabel distribusi frekuensi ini dapat berupa tabulasi. Contoh tabel ini adalah sebagai berikut.

Tabel Distribusi Frekuensi 1

Bentuk Tabel

Tabel Satu Arah

Tabel satu arah adalah tabel yang hanya terdiri dari satu karakteristik atau kategori misalnya:

  • Jumlah penjualan menurut jenis barang
  • Jumlah pengangguran menurut daerah
  • Jumlah modal asing menurut sektor ekonomi

Contoh tabel satu arah adalah sebagai berikut.

Tabel Satu Arah 1
Tabel Dua Arah

Tabel dua arah yaitu tabel yang terdiri dari dua karakteristik atau dua kategori, misalnya:

  • Jumlah penjualan menurut jenis barang dan daerah penjualan
  • Jumlah penanaman modal asing menurut sektor ekonomi dan lokasi investasi
  • Jumlah impor menurut jenis barang dan negara

Contoh dari tabel ini adalah sebagai berikut.

Penyajian Data Kualitatif - Tabel Dua Arah
Tabel Tiga Arah

Tabel tiga arah menunjukkan tiga karakteristik atau kategori data, misalnya:

  • Jumlah investasi menurut jenis usaha, negara asal, dan lokasi investasi
  • Jumlah produksi menurut jam kerja, jenis mesin, dan kualitas barang.

Contohnya adalah sebagai berikut.

Tabel Tiga Arah 1

Dengan Grafik / Diagram

Grafik adalah gambar yang terdiri atas garis dan titik-titik koordinat. Dalam sebuah grafik terdapat dua jenis garis koordinat, yakni garis koordinat X dengan posisi horizontal dan garis koordinat Y dengan posisi vertikal. Jenis-jenis grafik diantaranya:

Grafik Garis (Line Chart)

Secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu single line chart yang terdiri dari satu garis saja dan multiple line chart yang terdiri dari beberapa garis. Garfik garis baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa garis sangat berguna untuk menggambarkan perkembangan suatu kegiatan. Umumnya grafik ini digunakan untuk data yang berbentuk time series yang sekaligus bisa dilihat trend-nya. Contoh grafik garis adalah sebagai berikut.

Grafik Garis 1

Grafik Batang (Bar Chart)

Secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu Single Bar Chart yang terdiri dari satu batang saja dan multiple bar chart yang terdiri dari beberapa batang. Grafik batang baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa batang sangat berguna untuk menggambarkan perbandingan suatu kegiatan. Grafik ini digunakan untuk data yang berbentuk Cross Section dan Time Series. Contohnya adalah sebagai berikut.

Grafik Batang 2

Grafik Lingkaran (Pie Chart)

Secara umum dibagi menjadi dua bagian yaitu single Pie chart yang terdiri dari satu lingkaran saja dan multiple pie chart yang terdiri dari beberapa lingkaran. Grafik ingkaran baik yang tunggal maupun yang terdiri dari beberapa lingkaran sangat berguna untuk menggambarkan perbandingan suatu kegiatan berdasarkan nilai-nilai karakteristik satu dengan yang lain dan dengan keseluruhan (biasanya dalam persentase). Grafik ini digunakan untuk data yang berbentuk cross section. Contohnya adalah sebagai berikut.

Grafik Lingkaran 2

Pictogram

Pictogram adalah grafik berupa gambar di dalam bidang koordinat XY dinyatakan gambar-gambar dengan suatu ciri-ciri khusus untuk suatu karakteristik. Misalnya untuk menyatakan jumlah mobil pada tahun-tahun tertentu, dapat digambarkan berupa gambar mobil (secara sederhana). Tiap gambar mewakili suatu jumlah tertentu. Contoh pictogram adalah sebagai berikut.

Pictogram 1

Materi Lengkap

Berikut adalah beberapa materi lengkap yang membahas tuntas mengenai Data.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
Up