Metode Statistika – Jenis Pengumpulan Data

Jenis Pengumpulan Data

Metode pengumpulan data dapat dikelompokkan menurut:

Cakupan Elemen yang Dibutuhkan

  • Sensus (Populasi)
  • Survei / Sampling (Sampel)

Baca Juga : MPC โ€“ Metode Pengumpulan Data

Terdapat dua cara dalam pengambilan sampel dalam survei, antara lain:

  • Probability Sampling (Simple, Systematic, Stratified, PPS, Cluster, Multistage)
  • Non Probability Sampling (Purposive, Accidental, Quota, Saturation, Snowball)

Baca Juga : MPC โ€“ Probability dan Non Probability Sampling


Teknik Perolehan Data

Wawancara

Teknik perolehan data dengan wawancara dapat dilakukan secara langsung maupun tidak langsung. Wawancara langsung yaitu dengan bertatap muka (face to face) langsung dengan narasumber. Sedangkan wawancara tidak langsung misalnya melalui telepon, chatting, dan email (wawancara tertulis).

Observasi / Pengamatan Langsung

Observasi adalah teknik pengumpulan data yang dilakukan lewat pengamatan langsung. Peneliti melakukan pengamatan di tempat terhadap objek penelitian untuk diamati menggunakan pancaindra. Peneliti diposisikan sebagai pengamat atau orang luar. Dalam mengumpulkan data menggunakan observasi, peneliti dapat menggunakan catatan maupun rekaman. Observasi dapat bersifat partisipatoris, yaitu ketika peneliti turut bergabung dan melakukan aktivitas bersama objek pengamatannya.

Self-Enumeration

Teknik pengumpulan data self-enumeration, responden melengkapi kuesioner tanpa bantuan dari seorang pewawancara. Ada berbagai cara yang dapat dilakukan mengumpulkan data penelitian, kuesioner dapat dikirimkan dan dikembalikan oleh responden melalui pos atau faksimile, elektronik (termasuk internet) atau oleh an enumerator.


Jenis Media (Moda) yang Digunakan

Paper and Pencil Interviewing (PAPI)

PAPI merupakan metode pendataan dimana proses pengumpulan data dilakukan dengan kuesioner atau daftar isian berupa kertas. Metode ini merupakan cara yang paling tradisional dan paling sering digunakan bahkan hingga saat ini. Dalam pelaksanaannya, petugas PAPI haruslah memiliki kemampuan dan pemahaman yang tinggi agar bisa melakukan pengisian data dengan baik.

Computer Assisted Web Interviewing (CAWI)

CAWI merupakan metode pengumpulan data dengan bantuan teknologi yang berbasis internet. Seiring dengan perkembangan zaman, pengumpulan data berbasis internet sudah sangat populer dilaksanakan.

Ada banyak sekali aplikasi yang bisa membantu kita dalam pengumpulan data berbasis internet ini. Sebut saja google form, survey monkey, dll. Untuk kebutuhan data yang lebih besar, tentu dibutuhkan dukungan ahli pemrograman yang bisa merancang aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pengumpulan data.

Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI)

CAPI merupakan metode pengumpulan data dimana petugas akan dibantu dengan perangkat elektronik. Perangkat yang digunakan ini bisa saja laptop, komputer, tablet, smartphone, dll.

Dengan adanya CAPI ini, tentunya ada banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satunya, kita bisa menghilangkan proses data entry dari kuesioner ke dalam progam pengolahan. Di lain sisi, pelaksanaan CAPI membutuhkan dukungan dana yang tidak sedikit.

Computer Assisted Telephone Interviewing (CATI)

CATI merupakan metode pengumpulan data dimana petugas pelaksanaan dan responden hanya saling berkomunikasi lewat telepon saja. Nantinya, jawaban responden bisa saja disalin ke dalam kuesioner kertas, program, ataupun aplikasi berbasis web yang sudah disediakan.

Drop Off Pick Up (DOPU)

DOPU merupakan metode pengumpulan data di mana petugas pendataan hanya menitipkan dokumen kepada responden dan kembali mengambilnya dalam jangka waktu tertentu yang sudah disepakati. Dalam hal ini, responden mengisi sendiri dokumen tersebut sesuai dengan petunjuk yang telah disiapkan juga di dalam kuesioner.

Biasanya, DOPU ini digunakan untuk responden yang sulit ditemui. Sebut saja, pendataan dalam kompleks perumahan, pendataan dalam apartemen, rusunawa, dan semacamnya.


Materi Lengkap

Berikut adalah beberapa materi lengkap yang membahas tuntas mengenai Data.


Tonton juga playlist pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up