MPC – Prinsip dan Konsep Teori Sampling

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai prinsip dan konsep dari teori sampling. Sebelumnya sudah tau kan, metode pengumpulan data itu apa saja? Kalau belum, silakan cek pada postingan berikut.

Prinsip

Di sini, kita akan membahas dan merinci suatu persoalan yang sering muncul dalam kegiatan pengumpulan data, yaitu survei dan sampling. Tapi sebelumnya, mari kita lihat beberapa prinsip-prinsip dasar dari sampling:

Validitas

Desain sampling harus menjamin adanya estimasi yang valid dari parameter-parameter populasi

Statistical Regularity

Jumlah sampel yang diambil secara random dari populasi secara rata-rata akan mempunyai karakteristik yang sama atau menyerupai karakteristik populasi

Optimisasi

Desain sampling (metode penarikan sampel dan estimasi): Dengan tingkat ketelitian tertentu diperlukan sumber daya yang minimum, atau dengan biaya tertentu memberikan ketelitian yang optimum


Konsep

Beberapa konsep berikut ini akan sangat membantu teman-teman nantinya dalam menghadapi persoalan yang lumayan rumit dalam pemilihan sampel.

Populasi

Populasi merupakan agregasi dari seluruh elemen yang perlu ditentukan berikut isi, unit, cakupan, dan waktu. Contoh populasi: semua penduduk yang bertempat tinggal dalam rumah tangga biasa di Kecamatan Polobangkang Selatan, Kabupaten Takalar, pada bulan September tahun 2012.

Populasi dapat dibagi berdasarkan keadaan (kompleksitasnya) dan berdasarkan ukurannya. Menurut keadaannya populasi dapat dibagi menjadi dua bagian yaitu Populasi Homogen, dan Populasi heterogen. Berdasarkan ukurannya, populasi juga dibagi menjadi dua bagian yaitu Populasi terhingga, dan Populasi tak terhingga. Ada juga yang dikenal dengan Continous population yakni populasi yang terdiri dari zat / benda (mass of matter) yang tidak bisa diidentifikasi / dibedakan dengan mudah dan unit atau kumpulan unitnya terbentuk secara alami. Contoh: Populasi air di danau.

Populasi Target

Target populasi merupakan sub populasi dari elemen yang ada pada populasi yang berbagai indikatornya akan dicari, seperti penduduk usia 7-12 tahun.

Karakteristik

Ciri, sifat atau hal-hal yang dimiliki elemen, seperti penghasilan, pengeluaran, biaya, jumlah anggota rumah tangga. Nilai karakteristik yang dihitung (diestimasi) dapat berupa rata-rata, total, rasio, proporsi, persentase, dan sebagainya.

Elemen (Elementary Unit)

Elemen adalah unit yang digunakan untuk mendapatkan informasi, misalnya individu, rumah tangga, perusahaan, dsb.

Unit observasi

Unit observasi adalah unit dimana informasinya diperoleh baik secara langsung maupun melalui responden tertentu. Elemen sangat erat kaitannya dengan unit observasi. Elemen bisa sama dengan unit observasi, sebagai contoh rumah tangga adalah selain sebagai elemen juga dapat sebagai unit observasi, misal pengumpulan data keadaan tempat tinggal. Unit observasi bisa individu dari elemen yang mewakili sekumpulan elemen, misalnya kepala rumah tangga yang memberikan informasi mengenai anggota rumah tangganya.

Unit Sampling (Sampling Unit)

Unit sampling adalah unit yang dijadikan dasar penarikan sampel baik berupa elemen maupun kumpulan elemen (klaster). Contoh: Unit sampling elemen: rumah tangga; Unit sampling klaster: kumpulan rumah tangga pada wilayah tertentu seperti blok sensus, RT / RW, bahkan desa.

Unit Analisis

Unit yang digunakan pada tahap tabulasi data, bisa berupa elemen atau kumpulan elemen. Unit analisis tidak selalu sama dengan unit observasi, misal: unit observasi adalah rumah tangga (atau lebih spesifik kepala rumah tangga). Unit analisisnya bisa rumah tangga itu sendiri atau anggota rumah tangga

Daftar Unit (Unit List)

Unit list adalah daftar unit yang digunakan sebagai dasar penarikan sampel, contoh:  daftar blok sensus, daftar rumah tangga, daftar perusahaan / usaha, daftar sekolah, daftar kelas, daftar murid, dan sebagainya.


Materi Lengkap

Berikut adalah materi lainnya yang membahas mengenai Pengenalan Sampling.


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Bagikan ke teman-teman Anda

Contact Us

How to whitelist website on AdBlocker?

How to whitelist website on AdBlocker?

  1. 1 Click on the AdBlock Plus icon on the top right corner of your browser
  2. 2 Click on "Enabled on this site" from the AdBlock Plus option
  3. 3 Refresh the page and start browsing the site
error: Content is protected !!
Up