Latihan Soal 2 Uji Tanda

Berikut adalah latihan soal 2 Uji Tanda:

Misalkan seorang pembuat eksperimen ingin menetapkan apakah suatu film tentang kenakalan remaja akan mengubah pendapat anggota masyarakat tertentu mengenai seberapa berat kenakalan remaja harus mendapatkan hukuman.

Dia menarik suatu sampel random terdiri dari 100 orang dewasa dari masyarakat itu, dan melaksanakan suatu studi pre dan post dengan masing-masing subyek bertindak selaku pengontrol diri sendiri.

Dia meminta setiap subyek untuk mengemukakan pandangan apakah harus dilakukan tindakan penghukuman yang lebih keras atau lebih lunak terhadap kenakalan remaja dibandingkan dengan yang telah dilakukan saat ini. Kemudian dia mempertontonkan filmnya ke-100 orang dewasa tadi, lalu pertanyaannya diulangi. Hasilnya sebagai berikut:

Jumlah Hukuman yang Diinginkan Sesudah Nonton Film
Kurang Lebih
Sebelum Nonton Film Lebih 59 7
Kurang 8 26

Dengan ฮฑ = ๐ŸŽ,๐ŸŽ๐Ÿ ujilah hipotesis nol bahwa film itu tidak mempunyai akibat yang sistematis, artinya bahwa di antara mereka yang pandangannya berubah setelah menonton film, orang yang mengubah pandangan dari yang lebih keras ke lebih lunak sama banyak dengan mereka yang mengubah pandangan dari yang lebih lunak ke lebih keras.


Materi Lengkap

Untuk lebih memperdalam materi Uji Tanda, maka Anda bisa baca juga bagian berikut:


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Up