Latihan Soal 1 Uji Tanda

Berikut adalah latihan soal 1 Uji Tanda:

Dalam suatu studi tentang akibat ketiadaan ayah terhadap perkembangan anak-anak, 17 pasangan suami-istri yang telah berpisah karena perang, dan anak pertama mereka dilahirkan sewaktu ayah mereka tidak ada, diwawancarai. Suami dan istri diwawancara secara terpisah.

Masing-masing diajak berbincang-bincang tentang pelbagai topik yang berkaitan dengan si anak yang tahun pertama kehidupannya dilewatkan dalam rumah tangga tanpa ayah.

Masing-masing orang tua diajak membicarakan hubungan disipliner ayah-anak dalam tahun-tahun setelah sang ayah pulang dari medan perang. Pernyataan-pernyataan disarikan dari wawancara yang direkam, dan seorang psikolog yang mengenal masing-masing keluarga diminta untuk meneliti pernyataan-pernyataan tadi menurut tingkat pemahaman yang ditunjukkan setiap orang tua itu dalam memperbincangkan disiplin paternal. Dugaannya ialah, bahwa ibu akan mempunyai kesadaran dan pemahaman lebih luas mengenai hubungan-hubungan disipliner antara anak dan suaminya, dibandingkan dengan pemahaman suami, karena ibu lebih lama dan akrab berhubungan dengan anak. Pemahaman orang tua yang terpisah karena perang tentang disiplin paternal ditunjukkan sebagai berikut: (Keterangan: 1 menunjukkan tingkat pemahaman yang besar, sedangkan 5 pemahaman kecil)

Pasangan Pemahaman Disiplin (Ayah) Pemahaman Disiplin (Ibu)
1 4 2
2 4 3
3 5 3
4 5 3
5 3 3
6 2 3
7 5 3
8 3 3
9 1 2
10 5 3
11 5 2
12 5 2
13 4 5
14 5 2
15 5 5
16 5 3
17 5 1

Gunakan alpha 5%.


Materi Lengkap

Untuk lebih memperdalam materi Uji Tanda, maka Anda bisa baca juga bagian berikut:


Tonton juga video pilihan dari kami berikut ini

Up